Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Info Event Komunitas Stasion: Start Up Fundraising 101

02.08.2012 · Posted in Informasi

Strategi Sukses Mendapatkan Investor Untuk Bisnis Start Up

Saat ini, lahirnya ratusan digital start-up di Indonesia telah disemarakkan oleh bermunculannya para investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Dana hingga jutaan dolar siap mereka suntikkan, menyusul program seleksi dan inkubasi yang mereka terapkan. Seheboh apa para pemodal/ investor tersebut bertaruh dan bagaimana mereka mengamankan investasinya? Serta bagaimana upaya atau strategi yang harus dilakukan oleh para pemula dalam membangun start-up mereka agar bisa dilirik dan dipilih oleh investor?

Sekarang ini, dunia start-up Indonesia telah diramaikan oleh berbagai komunitas start-up di hampir seluruh pelosok nusantara. Selain itu, keberadaan aktor pendukung, seperti para investor (perorangan ataupun group usaha) dan lembaga inkubator bisnis, juga menambah gairah gegap gempita kemajuan start-up lokal. Tidak hanya investor dari dalam negeri, tetapi juga ada dari luar negeri. Ada investor lokal yang ikut andil (urunan), bahkan dalam tahap awal (seed investment) lahirnya sebuah start-up, seperti yang terjadi pada tokopedia.com. Ada pula tokoh pemodal ventura asing seperti Batara Eto, mewakili East Ventures dari Jepang, yang sangat intens memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan start-up lokal.

Pendeknya, dunia start-up di Indonesia saat ini lagi bergelora dan gegap gempita. Akan banyak bermunculan start-up Indonesia yang mampu bersaing dan menghasilkan profit secara kosnsisten-signifikan. Mereka inilah yang akan menjadi target investasi dari para investor, perusahaan besar dan cukong-cukong pemilik modal besar, dari dalam maupun luar negeri.  Bahkan, melihat perkembangan saat ini, para investor, pemodal ventura maupun grup usaha besar itu semakin agresif. Start-up terbaik akan jadi rebutan.

Para pemula dalam pelaku start-up ini, sering terjebak dengan dorongan untuk segera mendapatkan investor dalam membangun start-upnya, tanpa memikirkan dan mematangkan konsep bisnisnya secara menyeluruh dan sustainabel. Selain itu, pilihan untuk menggandeng investor juga membutuhkan pengetahuan dan kejelian yang serius. Hal ini, tentu saja harus kita berikan solusinya, agar dunia start-up Indonesia mampu menghasilkan yang terbaik dan mampu bersaing secara global.

Dengan latar belakang tersebut diatas, maka komunitas STASION hadir sebagai wadah untuk saling berbagi, memberi solusi dan sekaligus berkontribusi secara kongkrit untuk perkembangan dan kemajuan dunia start-up di Kota Malang khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Salah satu aktifitas anggota komunitas STASION adalah Meetup, yaitu sebuah program pertemuan antar anggota secara terbuka, yang akan membahas, mendiskusikan dan saling berbagi ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam membangun start-up. Agenda ini diadakan minimal tiap bulan, dengan mendatangkan pemateri yang berbobot nasional, bahkan internasional.

Komunitas STASION merupakan sebuah komunitas yang terbuka, aktif, progresif, produktif dan kreatif, yang memfokuskan diri pada perkembangan dan kemajuan dunia Start-up di Kota Malang. Jadi, anggota komunitas STASION bisa siapa saja, yang mempunyai minat dan ketertarikan khusus pada dunia start-up. Namun demikian, komunitas STASION tidak akan membatasi keanggotaannya secara diskriminatif.

Dalam rangka melaksanakan Meetup Bulan Februari 2012, maka komunitas STASION akan menyelenggarakan acara bertema “Start-Up Fundraising 101”, dengan menghadirkan pemateri berskala nasional.

Nama Kegiatan

Meetup Bulan Februari 2012 Komunitas STASION

Tema Kegiatan

Start-Up Fundraising 101
Strategi Sukses Mendapatkan Investor Untuk Bisnis Start-Up

Pemateri Utama

Riyeke Ustadiyanto (CEO ipaymu.com)

Materi Yang Akan Disampaikan:

  1. Get Things In Order
  2. Packaging Your Start-Up
  3. How Much Do You Need
  4. Who Is Your Ideal Investor

Jadwal Kegiatan

Hari/ Tanggal : Sabtu/ 18 Februari 2012
Waktu : 18.30 – 21.00 WIB
Tempat : Aula STECOM RRI Malang Jl. Candi Panggung
Contact Person : 0341-7777854/ 081235789399

Author:

CEO of Mimi Creative, programmer, learner, blogger, project manager, public speaker, writer, guitarist, social lover, dreamer, and 100% human. Has great dreams but always try to be low profile, humble, and inspiring.

website: http://haqqi.net

One Response to “Info Event Komunitas Stasion: Start Up Fundraising 101”

  1. makasih infonya… membantu nih…