Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Jangan Biarkan SEO membunuh konten anda!

01.25.2012 · Posted in blogging

SEO adalah akibat dari tren pergerakan komunitas bisnis online berdasarkan yang saya amati. Ini bisa dilihat dari bagaimana revolusi internet dan blogging di tanah air dan di luar negeri, banyak sekali para blogger yang mengagung agungkan SEO seperti yang diungkapkan teman blogger saya bahwa sudah terlalu banyak para blogger yang terlalu memuja – muja SEO yang terkadang tidak menghiraukan kualitas konten mereka.

Sayang sekali kebiasaan terlalu meng SEO kan segala sesuatunya mengakibatkan sesuatu yang baru yaitu membuat polusi bagi konten yang ada di Internet, dan ini bisa membuat orang – orang frustasi akan itu. Lagi pula, tidak ada orang yang bisa nyaman melihat sebuah website full dengan kopi paste, ditulis dengan buruk, dan keyword berulang – ulang!

SEO seharusnya tidak perlu menghancurkan konten anda. Faktanya, justru sebaliknya. SEO yang baik akan saling berkorelasi dengan konten yang baik. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana SEO dan Konten yang ada saling berkorelasi dan akan menghasil SEO dan konten yang baik.

1. Tulisan Anda itu Untuk Manusia!

Banyak dari kita berusaha untuk ‘menarik perhatian’ dari Crawler Google, berkosentrasi terlalu banyak pada kata kunci jelas akan menghancurkan konten anda. Ya, maksud saya adalah menyeimbangkan keyword yang anda gunakan dengan konten yang anda tulis. Google bots bukanlah robot yang bodoh, anda cukup menuliskan beberapa kata kunci saja, dan mereka akan mengerti tentang maksud anda, apa topik dari artikel ini. Jika anda menuliskannya terlalu banyak, maka mereka akan semakin ragu dengan konten anda dan juga pembaca ‘manusia’ anda juga akan bingung dengan konten anda. Efeknya? bisa saja penalty spam, dan kemungkinan beberapa pembaca tidak akan kembali lagi mengunjungi blog anda. Tanyakan pada diri anda sendiri, sebelum anda menuliskan sesuatu pada website anda, ‘Akankah saya membaca ini?’ jika jawaban anda ‘tidak’ jangan publikasikan. Apa yang tidak cukup bagus buat anda juga tidak cukup bagus bagi pembaca anda. Pendengar atau pengunjung blog anda merupakan orang – orang yang fundamental.

2. Buatlah se-Unik mungkin

Ini adalah sesuatu yang sangatlah perlu untuk ditekankan. Untuk apa seseorang mau berkunjung ke Website atau blog anda untuk membaca artikel yang juga ada di jutaan website lainnya? pada sisi yang sama, untuk apa mesin pencari memilih halaman konten anda untuk ditampilkan mewakili beberapa kata kunci ketika pada topik yang sama ada pada miliaran website lainnya? Menjaga konten anda tetap unik, sama saja menawarkan sesuatu kepada pembaca sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dimanapun dan menghindari konten duplikat. Pembaca senang, dan Crawler mesin pencari juga senang.

3. Hindari bahasa – bahasa yang Rumit

Mungkin ini adalah pandangan personal saya, tetapi saya sangat tidak suka dengan blog yang memiliki bahasa kelewat ruwet. Pembaca anda menginginkan informasi dan hiburan. Tidak ada orang yang ingin mengeluarkan kamus bahasa hanya untuk memahami sebuah paragraf dari artikel anda. Website seharusnya menjadi sumber yang aksesibel, dan memiliki informasi berkualitas. Dan hal tersebut tidak perlu memiliki bahasa linguistik yang kompleks, memang sih ini bagus untuk meningkatkan kemampuan linguistik anda, tapi hal tersebut tidak menarik perhatian orang – orang yang ingin mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Sedangkan dari segi SEO seseorang yang ingin mencari ‘buku bagus’ akan mencari di mesin pencari dengan kata kunci ‘buku yang bagus’ daripada ‘manuskrip yang menarik’. Ingat seperti perkataan Darren Rows, KISS “Keep It Simple Stupid” :)

4. Jangan terbelit – belit

Ya, untuk SEO konten yang mengandung banyak kata sangatlah bagus. Tetapi ini bukan berarti anda harus membuat 1000 kata lebih untuk menjelaskan 2 poin dari sebuah informasi. Orang akan malas membaca 4 paragraf penuh akan sesuatu yang tidak relevan, berbelit – belit sebelum pada akhirnya mereka memahami poin dari artikel anda. Dengan melakukan hal ini, anda akan kehilangan beberapa pembaca anda sebelum pembaca anda tahu poin atau tujuan dari artikel yang anda tulis. Jika artikel anda singkat, padat, dan jelas, anda akan menemukan beberapa kata kunci relevan yang secara alami akan ada pada artikel anda. Ini membuat konten anda menjadi lebih baik. Kata kunci yang tidak pada tempatnya akan merusak artikel anda dan membuat artikel anda tidak nyaman untuk dibaca.

5. Berikan sentuhan Manusia!

Komputer bisa membuat banyak artikel dalam sekejap akhir – akhir ini. Jadi kenapa harus susah susah untuk menulis suatu artikel? ini karena sentuhan personal anda. Sebuah komputer tidak bisa memberi sentuhan itu. Pada kebanyakan website yang ada, senttuhan personal bekerja dengan baik dan memberika poin tambahan untuk konten anda. Meskipun ‘sentuhan personal’ ini tidak mempengaruhi ranking SEO anda, tetapi hal ini bisa membuat perbedaan dengan mendatangkan traffic atau pengunjung setia anda. Sekali lagi, kembali pada poin yang pertama, target pembaca anda adalah manusia! bukan hanya robot crawler mesin pencari saja.

Kesimpulan

Diatas merupakan 5 tips dan cara untuk membuat artikel anda tidak terbunuh oleh metode SEO anda. Apa poin dari memiliki website yang selalu ada di ranking 1 mesin pencari untuk keyword anda apabila jika ada orang yang mengunjungi website anda mereka akan langsung pergi? Penggunaan SEO dengan kualitas konten yang sangat buruk merupakan pemborosan waktu. Anda tidak setuju dengan opini saya? anda boleh mengkritikisasi tulisan saya, atau bila perlu berdiskusi dengan saya, kan ada kotak komentar dibawah :D

jika ingin mempelajar tentang blogging lebih lanjut bisa tengok website saya ootofthebox :)

Author:

Graha was 16 years old Coffee Holic, Geeks, Amateur Designer, Blogger, etc. If all described will be long Biographical info :)

website: http://ootofthebox.web.id

21 Responses to “Jangan Biarkan SEO membunuh konten anda!”

  1. jadi, ngga usa panjang2 ya isi post blognya?

    ah tapi kan kita juga ngga tau klo yg komen di blog seo bukan robot. bisa juga sesama pencari keyword yang janjian naik2in rank.
    komennya template siiihhh

  2. saya malah ndak mudheng SEO, nulis ya nulis saja :D

  3. mengapa seorang blogger butuh SEO yg zuper selain agar konten di blog-nya dibaca? dan bahkan robot (baca: search engine crawler) pun belajar untuk menjadi pembaca yang manusiawi..

    • Klo menurut saya sih pak. RATA – RATA (biar agak keren dikasih penekanan) blogger ngeblog itu tujuannya berbagi nah dari situ kan klo susah – susah nulis berbagi kan biar artikelnya bisa dibaca oleh publik dan mungkin menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger. Dari situ muncul tujuan sampingan monetisasi :D sedangkan robot? masih jauh dari sempurna mendekati pembaca :D

  4. Dua kali aku harus terharu baca dua postingan graha di sini.
    Tulisan ini seolah mengingatkan kita bagaimanapun sebuah mesin bekerja tetap ada manusia di belakangnya.

  5. Sementara itu, tulisan ini SEO banget ;)

  6. graha iki ancen sangar ya, tulisannya memang muanteep…

  7. masukkin graha ke pengurusan inti #oblogmerahmuda 2012 , jadi kapel?

  8. Pojok Pradna says:

    #tercerahkan #tersadarkan

  9. yang tertarik sharing desain 3D, 2D, atau animasi komputer menggunakan Ogre. bisa mampir ke blog saya…

  10. cocok tuh,, ilmu yang logis,, konten yang baik harus di perhatikan agar pembaca mudah mengerti isi dari artikel kita,, thks,, :)

  11. intinya kita harus menulis di blog sebaik mungkin,, agar para pembaca senang.

  12. untuk sekarang SEO nih… :)

%d bloggers like this: