Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Blogger Ngalam di Undangan FGD ICT Watch

11.01.2011 · Posted in Komunitas

Telat sih, tapi emang baru sempat nulis

Harusnya, post ini saya tulis tepat setelah saya pulang dari acara yang akan saya tulis di sini. Lebih tepatnya, setelah posting yang sebelumnya saya tulis tentang Jakarta. Tapi karena kesibukan dan kemalasan, jadinya baru sempat nulis sekarang. Yah, setidaknya ini bisa jadi suatu laporan pertanggungjawaban lah untuk komunitas Blogger Ngalam yang sudah secara tidak langsung membuat saya diundang ke acara ini.

Foto bareng di akhir acara

Kamis siang tanggal 15 September 2011, saya sudah menunggu keberangkatan pesawat Batavia Air di Bandara Abdurrachman Saleh Malang. Sekitar seminggu sebelumnya, komunitas saya dapat undangan dari ICT Watch. Singkat cerita, saya sudah menginap di Hotel Harris Jakarta untuk menanti sesi utama esok harinya.

Acara utama ini hanya berlangsung satu hari penuh. Diawali dengan seminar di pagi sampai sore harinya, lalu diakhiri dengan Focus Group Discussion di malam harinya. Mengapa acara ini perlu dilaksanakan? Berikut ini adalah diagram persentasi hasil survey online ICT Watch (sumber).

Hasil survey online terhadap keberadaan etika online

Selain dihadiri oleh perwakilan blogger dari berbagai daerah se-Indonesia, ada juga perwakilan dari social media lain seperti Kaskus, Akademi Berbagi, Relawan TIK, dan sebagainya. Acara seminar diisi oleh berbagai pembicara juga, yang semuanya ngetop-ngetop. Bahkan, Google pun diundang dalam acara ini sebagai pembicara.

Para perwakilannya juga, nggak kalah luar biasa secara individu. Ada berbagai “seleb komunitas” yang memang sudah terjun di komunitas online sejak lama. Saya sendiri, di acara ini gak berani terlalu mengekspos diri. Selain karena masih baru, jadi ketua aja pake teraklamasi, niat saya dari awal memang untuk merendahkan hati dan belajar dari mereka. Beda dengan situasi di kampus yang mana saya bisa menginspirasi yang lainnya. Kalau di sini, justru saya yang mendapat banyak inspirasi.

Nih, bukti saya beneran hadir di TKP

Makanan di hotel juga gak kalah luar biasa enaknya. Menu di Hotel Harris ini emang lebih beragam daripada sarapan di hotel-hotel yang sebelumnya saya pernah datangi. Alhasil, prinsip saya adalah makan tanpa nasi. Cobain semuanya sedikit-sedikit, asalkan pernah. Kamar hotel pun lumayan nyaman, seperti yang sudah saya pajang fotonya di post sebelumnya.

Sarapan enak

Secara umum, diskusi ini berjalan efektif dan efisien, sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Direncanakan jam sekian selesai, maka selesainya tepat jam tersebut. Bukan dengan tanpa hasil, tapi kita tetap menghasilkan sebuah acuan etika online. Acuan tersebut bukan dimaksudkan sebagai kode etik paten, ataupun undang-undang. Pada dasarnya kita semua sadar bahwa etika di setiap jejaring sosial akan berbeda-beda. Maka dari itu, draft tersebut hanya akan digunakan sebagai acuan. Boleh digunakan, boleh tidak.

Ah iya, seperti pada acara undangan umumnya, di acara ini juga dapat berbagai souvenir dalam satu goodie bag Acer. Lumayan lah buat koleksi di rumah. Hehe…

Seperangkat goodie bag dibayar tunai!

Besoknya, tepatnya tanggal 17-18 September 2011, agenda saya adalah mengunjungi acara Amprokan Blogger Bekasi. Tulisannya akan segera saya buat setelah niat saya bulat. Hehe..

Sumber: Post-nya Haqqi

Author:

CEO of Mimi Creative, programmer, learner, blogger, project manager, public speaker, writer, guitarist, social lover, dreamer, and 100% human. Has great dreams but always try to be low profile, humble, and inspiring.

website: http://haqqi.net

Comments are closed

%d bloggers like this: