Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Go to Hell Go Ahead

09.08.2011 · Posted in Opini

Walah! pantesan sekarang anak-anak muda ini banyak yang tambah ngawur dan aneh-aneh, lha wong disuruh sama pabrik Sampoerna. “Cuek bebek Go Ahead”, “Salah arah Go Ahead”, “Pikir pendek Go Ahead” dan sebagainya.

Saya amati dulu Sampoerna gak seprovokatif itu. Dulu pernyataannya masih sering berupa pertanyaan misal “Sudah disapu tiap hari kok masih kotor?” dan sebagainya yang berseri “Tanya ken napa?”, saya pasti tidak ingat satu persatu tapi yang jelas tidak seprovokatif akhir-akhir ini. Sekarang nadanya jadi kalimat perintah.. Go ahead itu. Lebih sengaja lagi dia memilih topik dan foto yang profokatif, tidur diatas pohon, terjun dari tebing, kesasar ditengah pulau dll.

Siapa yang tidak tahu bahwa jualan rokok adalah menjual sensasi. Dan ternyata masyarakat kita masih sangat membutuhkan sensasi itu dengan kadarnya tertentu. Kalo Anda beli Djisamsu maka sensasi yang Anda rasakan adalah suksessss.. Kalo Anda beli Malrboro maka Anda akan segera serasa di atas pelana siap berkelana, kalo beli Surya 12 siap-siaplah ketemu cewek misterius, kalo beli Marcopolo siap-siaplah mencari arah jalan karena Anda berada di dunia antah berantah, kalo beli Djarum Super segera keraskan otot lengan dan kaki karena Anda adalah machoman. Apa lagi ya?..

Hmm, gimana ya, sejarah bangsa ini sepertinya sering dicekoki sensasi dan propaganda. Inget gak dulu kita diberi selebaran dan pengumuman Perang Suci Asia Timur Raya oleh Nippon ? Lalu kakek nenek kita dengan bangganya berbaris jadi heiho dan ianfu? Saya sih gak inget, kan blom lahir, tapi pasti rasa sensasinya waktu itu seperti rokok itu tadi. Sensasi Perang suci tapi baru tahu belakangan ternyata bukan. Gak tau Nipponnya dah minta maaf blom ya tega-teganya kasih penipuan propaganda gitu, andai Nippon itu seorang kaskuser pasti dia dapat hujan bata di inboxnya.

Dalam kadar yang lebih sopan (bahkan diajarkan di jurusan Diskomvis) jual sensasi dan propaganda –bahasa jawanya = plokotho – ini kita temukan di iklan-iklan rokok yang punya budget besar untuk beli space di billboard-billboard besar itu. Supaya lebih fair dan tidak kena bata dibawahnya tertulis “Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin..” Artinya, kontradiksi itu ada, tapi sensasi lebih laku, sehingga rokok tetap saja laris dibeli.

Tapi akan seberapa lama kontradiksi itu bisa laku dijual? Menurut saya sih akan ada akhirnya, meskipun mungkin masih lama. F1 saja sudah melarang iklan rokok, MotoGP juga, ya karena kontradiksi itu tadi. Mungkin saja Putra Sampoerna juga mikir gitu ketika dia memutuskan menjual pabrik rokoknya yang sudah berumur 3 generasi pada Maret 2005. Menurut Wikipedia, hingga saat ini alasan Putera Sampoerna untuk melakukan penjualan tersebut tidak diketahui dengan jelas, coba nanti saya tilpun dia.. (ada yang punya nomernya kah?)

Di bloggerngalam.com saya dulu pernah menulis temanya “hati-hati dengan provokasi media..” karena media is power. Berapa kali kita harus melewati poster “Pikir pendek Go Ahead..” dsb sampai tanpa sadar memang itu yang tertanam di benak anak-anak muda konsumen A-Mild nya itu, why not? Pikir pendek kalo untuk hal-hal positif sih gak papa, misal pikir pendek bersedekah, pikir pendek nyebrangin orang, pikir pendek kerjain PR.. bagus. Lha kalo pikir pendek putus cinta gantung diri? Pikir pendek ngambek gak dibelikan baju ortu trus minggat? Pikir pendek bikin tato di pipi? Cuek bebek tidur ditengah orang kerja bakti? Lha lak kepriben?

Ya, menurunkan billboardnya jelas gak mungkin. Selain illegal juga kata mereka mungkin gak bermaksud seprovokatif itu. Whatever lah yang jelas dulu kita pernah termakan dengan sukses oleh propaganda, jadi kalo masalah iklan rokok ini juga ujung-ujungnya duit gak mungkin iklan dibuat cuma untuk tujuan iseng saja.

Menurut saya yang penting tetep punya self filter dan self control aja, jangan mau kena sensasi itu tadi. Beli rokok beli aja tapi gak usah membayangkan yang macem-macem dan kalo perlu gak perlu fanatik sama merk, justru kalo memang pengin lebih berguna sebagai perokok belilah rokok cap Patjoel Gowank, Oentoe Ginksoel, Suket Teki, Kloso Lungset dll buatan home industri itu.. :)

Author:

website: http://ame268.com

6 Responses to “Go to Hell Go Ahead”

  1. Fleur Flauga says:

    satu lagi jorgan yg sedang marak : like this! *jempol* :)

  2. ya tergantung yang baca sebenarnya,… yang baca positif thinking ya hasilnya positif,.. tapi kalau kebalikanya ini yang bahaya,..