Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

5 Perbaikan untuk Blog anda

10.14.2010 · Posted in blogging

Akhirnya sempet juga bikin posting baru buat bloggerngalam, buat ngramein sama nambah pengalaman nulis :). Kali ini saya bahas tentang perbaikan blog atau lebih tepatnya perbaikan untuk tema anda. Setelah sebelumnya saya udah bahas tentang step bai step *uhh yeah* membangun sebuah blog.

Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada hal yang sempurna begitu juga dengan blog anda, seiring perkembangan blog anda dengan mulai bertambah banyaknya pengunjung blog anda, kenapa anda tidak mencoba untuk memberikan pengunjung kenyamanan dalam mengakses blog anda? Santai saja perbaikan disini cuma perbaikan kecil kok enggak bakalan menyita banyak waktu anda, paling sekitar 5 – 10 menit saja. Yap daripada basa basi mulu keburu basi langsung to the point aja.

1. Menambahkan link “kembali ke atas” pada bagian footer

Ketika anda menulis sebuah posting panjang lebar dan memiliki banyak komentar pasti makan waktu kan untuk kembali kebagian atas halaman untuk membuka halaman lain semisal Home, Page, ataupun Sidebar. Jadi mari kita persingkat waktu pembaca kita supaya betah dalam mengakses blog kita, kita tambahkan saja sebuah script link yang fungsinya mengembalikan area yang dibaca pembaca langsung ke atas.

Cara menambahkannya gampang kok scriptnya juga simpel, cukup tuliskan script dibawah ini

<a href="#header">Kembali ke Atas</a> 

Butuh penjelasan? simpel kok jadi fungsi dari <a href=”#header”> itu untuk membuka sebuah link sebenernya, tapi karena kita pake tujuannya #header jadi kita tujukan pada bagian #header atau kepala halaman pada CSS.

Btw, anda bisa mengganti kata Kembali ke Atas sesuka anda kok, bisa aja anda ganti dengan kata – kata yang lebih humoris yang menghibur pembaca anda

2. Tambahkan icon Kecil


Contoh penggunaan icon pada website milik envato yaitu psd-tuts

Ya, sebuah icon kecil supaya blog anda makin menarik. Memang ini merupakan sebuah langkah yang anda pikir sangatlah simple dan mungkin tidak akan berdampak, tapi jangan salah, perubahan kecil ini dapat membuat website biasa anda jadi luar biasa lho *lebay :) *, tapi perhitungkan juga antara tema desain blog anda sama icon yang akan anda gunakan. Pernah liat websitenya envato yang tutsplus ? terlihat menarik bukan ?

3. Edit / Kustomisasi kotak Form


Contoh kotak form punya problogger, sinkronisasi antara warna tema, warna kotak dan icon yang digunakan terlihat serasi kan?

Kotak form seringkali digunakan pada sebuah blog, semisal kayak buat daftar newsletter, kotak komentar, atau apapun yang membutuhkan informasi dari pengguna. Sayangnya sih biasanya kotak – kotak yang disediakan desainnya jelek banget & membosankan. Tapi untung kotak form yang mereka sediakan mudah buat dikustomisasi :) Tapi jangan lupa sesuaikan dengan temanya juga ya :)

4. Menambahkan Thumbnail pada tiap Post

Ya thumbnail dalam tiap post mewakilkan konten dari post itu dan membantu keberadaan post-excerpts. kalo basa basinya sama gambarnya menarik pengunjung kan bakalan nge-klik :)

Untuk tutorialnya bisa dilihat disini Jauhari sebenernya saya juga mau ngungkapin caranya disini tapi entar postingnya kepanjangan *ngales padahal males*

5. Membagi posting pada Home dalam beberapa halaman

fiuhhh akhirnya sampai pada step yang terakhir. Ya membagi postingan pada halaman utama anda. Dengan menggunakan navigasi halaman tersebut akan menambah jumlah posting yang tersedia untuk pembaca, daripada bikin pembaca susah – susah nyari di Arsip, dan akan meningkatkan pageviews dan juga menunjukan seberapa lama blog anda eksis *ada ding :P* hal ini juga lebih efektif daripada navigasi standar yang menunjukan “sebelumnya” dan “selanjutnya” pada blog pada umumnya.

Script apa yang digunakan? ngapain coding susah – susah kalo udah ada pluginnya ? Download aja disini WP Page Number

Kesimpulan

Jika anda mengimplementasikan 5 perubahan ini, makan anda akan melihat perbaikan blog anda demi kelancaran dalam mengkases. Seperti yang pernah saya katakan, setiap detil kecil yang anda lakukan anda membuat blog anda menjadi lebih nyaman meskipun sedikit – anda akan melihat hasilnya kok :D optimis saja

Author:

Graha was 16 years old Coffee Holic, Geeks, Amateur Designer, Blogger, etc. If all described will be long Biographical info :)

website: http://ootofthebox.web.id

8 Responses to “5 Perbaikan untuk Blog anda”

  1. wah mas Nurdian ini dari malang toh,bagus mas infonya…..

  2. gambar skrinsyut e kok gak ketok gra? link e broken… uploade koyoke bermasalah, coba dicek maneh

  3. Mantap Tutorialnya

  4. salam kenal dr newbie tentang blog
    di malang banyak master blog ya?
    bisa berguru offline ni….

%d bloggers like this: