Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Kota Malang dan peluang usahanya

05.19.2010 · Posted in Umum

Kota malang, dihuni oleh lebih dari 700 ribu penduduk, yang 70 persennya adalah pendatang. Malang dengan berbagai potensinya telah menjadi kota yang cukup dinamis, penduduknya yang kian bertambah, membuat kota malang semakin padat dari tahun ke tahun.

Malang sebagai kota pendidikan, membuatnya didatangi ribuan penduduk baru tiap tahunnya. Hal ini diperkuat dengan semakin meningkatnya daya tampung tiap-tiap institusi pendidikan seperti perguruan tinggi. Peningkatan jumlah penduduk ini tentunya akan semakin meningkatnya kepadatan lalu lintas. Hal ini nampak pada kemacetan di beberapa ruas jalan terutama di sekitar wilayah yang dekat dengan kampus, seperti Soekarno hatta, jalan veteran, dan beberapa ruas jalan lainnya. Semakin banyak penduduk juga akan berdampak pada semakin banyaknya masalah. Baik yang ditimbulkan oleh aktivitas penduduk, maupun dampak aktivitas ekonomi. Kepadatan ini juga berimbas pada sektor usaha. Dapat kita lihat dengan semakin banyaknya tempat jajanan, warnet, ruko, dan mall. Malang yang semakin banyak penduduknya semakin memperbesar peluang usaha di kota ini. Berikut beberapa peluang usaha di kota malang yang layak untuk dilirik.

1. Bisnis Kost-kostan dan hunian.

Bisnis ini sudah diketahui orang cukup menguntungkan di kota malang. Coba kita tengok daerah wilayah sumbersari, ketawanggede, dan daerah kampus lainnya. banyak sekali terdapat rumah hunian yang kadang sengaja diubah fungsi menjadi tempat kost. Tidak jarang penghuni/pemilik rumah sengaja mengalah pindah rumah ke daerah pinggiran dan merubah rumahnya menjadi tempat kost untuk meraup keuntungan lebih. Bahkan tidak jarang pula, orang luar kota malang yang sengaja membeli rumah di kota malang hanya untuk dijadikan tempat kost. Hal ini wajar karena kota malang kian dibanjiri ribuan pendatang tiap tahunnya. Di sisi lain jumlah perumahan di kota malang juga kian meningkat untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi para penduduk pendatang.

2. Bisnis Makanan dan jajanan

Bisnis ini juga seiring dengan semakin banyaknya penduduk pendatang di kota malang. Sudah barang tentu, tak lengkap jika kebutuhan yang satu ini melengkapi kebutuhan tempat tinggal. Dimana ada pemukiman di situ pasti ada warung atau tempat makan. Hal ini terbukti dengan ramainya warung- warung atau tempat makan pada jam-jam tertentu. Coba anda lihat di kawasan ketawanggede di sore hari menjelang petang, ribuan warga atau anak kost menyerbu warung-warung atau tempat makan di daerah sekitar mereka.

3. Bisnis Fashion

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Kota malang kini dipenuhi dengan toko pakaian. Bisnis ini dapat dipastikan akan dilirik oleh kaum pengusaha hingga 5 tahun mendatang dan bahkan lebih. Namun persaingannya kian ketat. Pakaian lambat laun akan menjadi gaya hidup, tak hanya sekedar fungsi, tapi pakaian akan menjadi style tersendiri bagi mereka. Tak heran jika semakin banyak distro menjamur di kota malang. Sebagian lebih memilih butik, bagi mereka yang menginginkan eksklusivitas. Karena butik hanya memproduksi model pakaian dalam jumlah terbatas. Dan yang kini mulai marak di kota malang adalah bisnis pakaian “satu biji oke”. Inilah yang kini digemari, karena orang mungkin sudah mulai enggan jika baju mereka memiliki banyak kembarannya. he..he. Produk fashion lainnya adalah sepatu, sandal dan tas, ini juga merupakan hal yang tak terlupakan bagi sebagian besar penduduk kota malang. Bisnis sepatu, sandal dan tas masih dirasa cukup menguntungkan. Hanya cukup menentukan lokasi yang pas untuk menjual produk ini, dapat dipastikan akan dapat meraih keuntungan yang lumayan. Bisnis di bidang ini, masih sangat berpeluang karena lebih dari 200.000 penduduk kota malang berada pada usia muda (15-24 tahun), dimana mereka masih tergolong usia-usia yang sangat fashionable.

4. Bisnis Laundry

Bisnis ini memiliki korelasi dengan bisnis pakaian, adalah bisnis loundry atau pencucian pakaian. Dengan semakin sempitnya lahan dalam hal ini untuk jemuran dan kondisi cuaca kota malang yang tak menentu (kadang hujan kadang panas), orang cenderung tidak ambil resiko dengan cucian mereka. Maka mereka lebih memilih mencucikan pakaian mereka di laundry. Walaupun harus merogoh kocek mereka 10 -20 ribu untuk jasa cuci kering setrika. Hal ini cukup praktis dibanding harus meluangkan waktu berharga mereka untuk sekedar mencuci. Apalagi gaya hidup anak sekarang cenderung malas.

5. Bisnis Komputer, Telekomunikasi dan Internet

Dengan menjamurnya jejaring sosial seperti facebook, twitter, YM dan sebagainya, hal ini cukup mendongkrak kebutuhan penduduk malang akan komunikasi internet beserta perangkatnya. Kebutuhan internet meningkat drastis, dan kebutuhan perangkat seperti komputer dan laptop pun meningkat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pengguna laptop dan internet di kota malang. Bisnis yang mulai marak adalah internet dan hotspot serta jaringan data baik itu melalui selular maupun jaringan nirkabel, bisnis ini akan terus berpeluan seiring kebutuhan akan internet yang kian tinggi di masyarakat kota malang. Tiada hari tanpa update status, hal inilah yang kini kian menjadi kebiasaan baru para masyarakat kota malang, terutama kaum muda. Bisnis telekomunikasi seperti reload pulsa misalnya, akan terus berkembang di kota ini seiring kebutuhan komunikasi data dan suara yang menjadi kebutuhan pokok di era sekarang.

6. Bisnis hiburan dan rekreasi

Bisnis ini memang tak dapat dilepaskan dari kota besar seperti malang, dimana semakin dinamis aktivitas, maka akan semakin banyak masalah yang dihadapi. Dibutuhkan penyegaran untuk lepas dari berbagai masalah yang dihadapi. Oleh karena itu bisnis hiburan seperti halnya di kota-kota besar lainnya, masih cukup memiliki prospek yang bagus, seperti halnya tempat nongkrong, karaoke, game center, tempat rekreasi keluarga dan sebagainya.

Mungkin itulah yang menjadi peluang bisnis yang ada di malang disamping peluang-peluang lainnya seperti, bisnis sektor riil seperti kebutuhan pokok, rekreasi, kebutuhan pendidikan seperti buku, alat tullis, dan sebagainya. Tak ada bisnis yang tak memiliki pesaing, hal itu merupakan hukum alam, namun hal itu bukan berarti menjadi penghalang kita untuk memulai berbisnis. Tak semua bisnis menguntungkan, namun kita harus tau caranya untuk dapat untung. Berbagai aspek perlu kita pertimbangkan, dan tak ada salahnya untuk belajar teorui berbisnis agar kita dapat mengurangi resiko kerugian dalam berbisnis.

Tags: ,

Author:

website: http://www.punyaku.web.id

One Response to “Kota Malang dan peluang usahanya”

  1. Bisnis Kursus2 dan Les2 informal juga bisa dijalankan di Kota Malang. Karena Kota Malang adalah Kota Pendidikan dengan banyaknya lembaga pendidikan formal di Kota ini, maka membuka usaha di bidang kursus ataupun lembaga pendidikan penunjang juga sangat berpotensi sekali di Kota Malang. Di Ketawanggede juga banyak kan lembaga2 kursus, seperti kursus bahasa dan kursus Komputer juga.. Lagipula, lembaga kursus ini masih lebih berpusat di wilayah lowokwaru dan Klojen. di Daerah Kedungkndang, Sukun dan Blimbing masih sangat kurang. jadi masih sangat besar peluangnya di tiga wilayah ini..