Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Hanya Ikan Mati Yang Berenang Mengikuti Arus

05.10.2008 · Posted in Umum

Menyusuri sungai adalah salah satu kegemaran saya sewaktu kecil. Maklum rumah saya dekat dengan aliran sungai bengawan solo di sebuah kota minyak kecil di perbatasan Jawa Tengah & Jawa Timur. Anda bisa menebak kota itu? Ya betul sekali Cepu nama kota itu. Saya tidak sedang membahas kota kelahiran saya itu, tetapi kegemaran saya melihat ikan-ikan di sungai bengawan solo itu. Apa yang menarik dengan ikan-ikan itu?

Ikan adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang tentunya bermanfaat bagi ekosistemnya, termasuk juga bagi manusia. Ikan selalu bergerak dan tiada pernah berhenti bergerak sampai ikan itu mati. Ikan dengan ukuran besar maupun kecil pasti tetap bergerak di aliran sungai itu.

Saya ingat sewaktu mengamati ikan-ikan itu, mereka bergerak seringkali melawan arus sungai, dan terkadang mereka mempertahankan gerakannya di posisi yang ia kehendaki untuk berhenti. Jarang saya lihat ikan-ikan itu bergerak mengikuti arus. Hanya ikan yang mati saja yang terseret arus entah kemana membawa bangkai mereka. Bahkan ikan-ikan itu terkadang bergerak bersama melawan arus untuk bertelur di suatu tempat atau mungkin mereka akan “memadu kasih”

Mengingat hal itu saya mencoba memetik pelajaran, bahwa ternyata untuk mempertahankan hidupnya, untuk mengembangkan keturunan dan mencari makanan, ikan-ikan itu berusaha untuk terus bergerak dalam menghadapi tantangan arus dan derasnya air yang mengalir. Dengan bergerak, dengan menghadapi tantangan mereka bisa survive di ekosistemnya.

Bagaimana dengan kita manusia? Saya rasa sama, manusia untuk sukses harus terus bergerak, harus menghadapi tantangan hidup sehingga menjadi lebih matang dan siap menjalani kesuksesan di dalam hidupnya. Ikan terus bergerak , demikian manusia. Bergerak adalah ikhtiar tiada henti untuk merealisasikan doa atau impian kita. Manusia yang berhenti berikhtiar tak jauh berbeda dengan ikan yang mati dan terseret arus sesuka arah aliran yang membawanya.

Manusia yang sukses hanyalah manusia yang penuh optimis, penuh semangat dan antusias, serta yang tidak pernah berhenti untuk terus berikhtiar mengejar apa yang dicita-citakannya. Kadang perlu berhenti sejenak untuk berkontemplasi, merenung, berdoa untuk mengisi bahan bakar ikhtiar sebagaimana ikan yang saya lihat kadang berhenti tetapi tetap bergerak “berzikir” di tempatnya.

Ya hanya ikan yang mati saja yang berenang mengikuti arus. Bagaimana dengan anda ?? Pilihannya ada pada diri anda sendiri

Tags:

Author:

- Founder of Solution Mind Development - Mind Motivator - Hypnotherapist - NLP Master - Grand Master Subtle Energy - Senior Account Manager Enterprise Div PT. TELKOM - Mind Power Practitioner

website: http://solution-mind-development.blogspot.com

6 Responses to “Hanya Ikan Mati Yang Berenang Mengikuti Arus”

  1. manusia ya seharusnya bersikap layaknya manusia, yaitu menjadi manusia yang manusiawi

  2. yes stuju! smangat smangat!

  3. makanya jangan terlalu mudah untuk mengikuti arus…lakukan yang positif2 ajah…optimis!!! :D

  4. klu bikin arus, gimana? :>

  5. mengikuti arus juga bergerak

  6. Aku mememilih…….biarkan arus menuntunku

%d bloggers like this: