Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Tani Maju (Apa Kabarmu?)

03.11.2008 · Posted in Budaya, Komunitas

Entah tepatnya berdiri sejak kapan, yang jelas sudah lama (beberapa tahun) sebelum band tani maju itu sendiri dikenal oleh masyarakat umum seperti sekarang, band yang lahir di kota malang, tepatnya di kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang (sekarang Universitas Negeri Malang/UM). Kalau melihat embrionya lebih khusus lagi, berasal dari UKM (unit kegiatan mahasiswa) seni & desain SAMIN (sanggar minat). dulunya kelompok tani maju biasa tampil di acara-acara kampus lokal (malang) secara sederhana, dengan penampilan akustik yang sering beramai-ramai (rombongan) naik ke atas panggung, yang jadi ciri khas propertinya adalah bongo dan big cello/bass cetol gedhe (ini adalah properti anak2 UKM yang sering dipinjam2 kesana-kesini sesama UKM)

namun karakter mereka yang lebih kuat lagi adalah lagu2nya yang sederhana, sering kacau, namun mudah dicerna, kocak dan bersahabat. lagu-lagu mereka itu banyak diciptakan/dinyanyikan saat begadang bareng, atau mengisi waktu kosong, disela-sela kesibukan kuliah dan kegiatan2 UKM, nongkrong bareng, di Pantai (salah satu sebutan lapangan di UM), di kampung cowboy, di mbak yam, atau di depan toilet.

Pada suatu ketika, entah tepatnya tanggal/tahun berapa, saat OPUS 275 mengadakan pentas ultah di Pantai, tani maju tampil dengan branding baru, tidak lagi membawa bongo dan bass cethol, melainkan ketipung, trompet tahun baru, dan beberapa properti aneh, seperti payung bekas, dan kacatama warna-warni yang dimodifikasi dari bekas2 gelas aqua, dan mereka tampil dengan musik elektrik, tidak lagi akustik. semua penonton terkesima,m terhipnotis, dan terhibur, dan sejak saat itu tani maju sering menerima tawaran manggung di kampus2 malang/jatim, sampe sempat ke jakarta waktu diundang kelompok KPJ, dan sempat jadi band pembuka di acara soundrenaline. sempat mengeluarkan indie album yang berjudul “the artist top daerah”, dan bocor mp3-nya sebelum di launching (mp3 yang beredar adalah versi demo-nya, tidak sebagus rekaman kasetnya), juga sempat di VCDkan oleh dangdut organizer jatim yang pegang om PALAPA.

Tani Maju. mereka adalah: mas novan (vokal/sastra indonesia UM), mas wibhi (bass/seni rupa UM), mas jhoni (gitar/seni rupa UM), mas sri (perkusi/sastra indonesia UM), leo (ketipung/sastra indonesia UM), hendro (gitar kecil/sastra inggris UM), niko (drum/seni rupa UM) *sekarang diganti oleh sinyo (drum/teknik UM), dan afik (terompet/diskomvis UM) *sekarang diganti galih (terompet/diskomvis UM).

Patut dicatat mereka bisa popular sampai seperti sekarang salah satunya adalah dukungan yang besar dari JOGEDER. jogeder merupakan sebutan untuk pendukung tani maju yang selalu ikut kemanapun manggung dan selalu joged di depan, dan mereka semua adalah tenaga sukarela.

dan apa kabarmu sekarang?

Rujukan Terkait:

  1. friendster
  2. youtube
  3. anangku
  4. kontil
  5. endonesa

Author:

seorang front-end web developer asli Malang :) follow @pakzam

website: http://zam.web.id

17 Responses to “Tani Maju (Apa Kabarmu?)”

  1. ayo dunk tani maju bikin album lagi…dah kangen nhe…
    kami para jogeder indonesia menantimu..
    meriahkan lagi musik ngalam oyi..

  2. sumpah ini band paling konyol yang pernah ada… hahahahahah…. barang langka yang perlu dilestarikan

  3. Whohohoho… mana inih Castol yang laen? :lol:

  4. Malang..
    Mall adalah pasar..
    eLang.. adalah burung… Pasar burung…. :lol:

  5. samynojd says:

    Kapan bikin album tentang AREMA/AREMANIA.Populerkan Malang Raya melalui karya2mu!SUKSES UNTUK TANI MAJU

  6. Saya juga Rindu Sama Tani Maju. saya baru punya sedikit sekali Koleksinya, dan di radio Komunitas Swadesi 107.9 FM ( daerah Bantul Timur )ada acara khusus. Yakni Lagu Humor, salah satu favoritnya adalah Lagu ” Castol “.
    Semoga ini bisa menggugah “INAT UJAM”…………..

  7. niko arya says:

    mannnna sssooooouuuuulllllllnyaaaaaahahahahahahaaaa?
    sumpah skrg dah gak kerasa?

  8. eh ia, aku juga suka ma band ini :D

    kmana yak??

  9. Haaiii friend…lama gak muncul yo?jarang manggung pada kemana aja neh?aku juga lulusan Seni Rupa UM angktn 98.SUKSES BRO………

  10. wah … lama gak denger kabar dari mereka semua. miss u all. salam dari ssc !

  11. Maap..
    permisi.. kita mau ‘mencuri’ artikel Tani Maju bwt dimuat di zine kami.

    Gpp ya?

    Soalnya kita kesulitan nyari data soal Tani Maju.
    Kita udah cari kemana-mana tapi sepertinya band ini sulit ditangkap ekornya.. hehe..

    Di artikel kita cantumin credit dan backlink ke: http://www.bloggerngalam.com koq.

    Thx bgt ya!

    Sukses, Teman!

  12. You do have such a cool pages, bro!

  13. waduh katah banget yang kangen,,,lo mas
    kita pengen TM trus mluncur, bagai guru seni
    kami tunggu albumnya…..

    dari fans terdekatmu,,,,,,,,heeeeeeeeeee

  14. CD Rom…

    CD celana dalam, kampeessss….
    Eroom, adalah kamar…

    Kamar kampsessss… :D

    ——————————————————————
    Gak ada kabar sama sekali akan band ini…
    Padahal lagunya easy listening…
    Jadi gampang dicerna :(

  15. # Yaniko: Loh Ko ituh tuh kan sebenarnyah calonnyah guest starnyah Galasesa, pi gak jd :(

  16. iyo..yo..piye kabare tani maju..????

  17. aReMaNia SeMaRanG says:

    Waktu hujan turun kita mandi bersama berciuman mesra, celanaku basah.. Masihkah kau ingat…masihkah kau ingat???????????

%d bloggers like this: